meteor dan salam

SELAMAT DATANG DI BLOG KU,,,MOHON KIRIMKAN SARAN DAN KRITIK ANDA

Kamis, 30 Mei 2013

fanatisme supporter bola di indonesia




Penonton Berbondong-bondong..
Menuju Stadion..
Menonton sepak bola
Liga Indonesia...
Ayolah ayo kawan...
Menjaga ketertiban..
Jangan ribut dan tawuran..
Majulah sepak bola Indonesia...
Mungkin lirik lagu tersebut sangat cocok sebagai gambaran betapa panas nya atnmosfer FANATISME dari Tribun Penonton Disegala penjuru stadion di indonesia..

Besaran kapasitas bangku penonton menjadi syarat mutlak yang harus dilengkapi oleh sebuah stadion yang bertaraf internasional.tetapi  kelebihan kapasitas penonton juga bisa menjadi penghalang sebuah stadion untuk  bisa menggelar event internasional.
Dalam pertandingan sepak bola modern saat ini penonton termasuk salah satu elemen penting  dalam sebuah pertandingan,tidak heran jika penonton atau sering disebut dengan SUPPORTER ini sering kali di nilai menjadi pemain ke-12 yang turut berkontribusi pada sebuah pertandingan,banyak nya penonton  dalam sebuah pertandingan turut menghiasi jalannya pertandingan kedua kesebelasan yang bertanding di atas rumput hijau  menjadi lebih hidup dan berwarna.
Mengingat pentingnya dukungan penonton,sejumlah klub besar dunia berusaha menambah kapasitas tempat duduk penonton di tribun stadion. Namun, jumlah kursi dalam stadion tidak bisa ditambah tanpa memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan.kapasitas STADION UTAMA GELORA BUNG KARNO(GBK) misalnya,harus menguranggi kapasitas stadion GBK untuk kenyamanan dan keamanan penonton.
Pengurangan kapasitas stadion GBK dilakukan jelang piala asia 2007 yang digelar di 4 negara tersebut temasuk indonesia.awalnya stadion GBK berkapasitas sekitar 100.000 orang,pada piala asia 2007 stadion GBK direnovasi dan kapasitasnya dikurangi menjadi  88.083 penonton,faktor keamanan dan kenyamanan menjadi alasan utama pengurangan kapasitas ini.
Bagi supporter indonesia,jumlah kursi sangat penting.menurut penelitian firma sport marketing,penonto indonesia merupakan supporter paling fanatik nomer tiga didunia.indonesia hanya kalah dari brasil dan jerman.

Supporter indonesia bahkan bisa mengungguli fanatisme  HOLIGAN,julukan supporter inggris
Dari segi keterisian kursi stadion,supporter indonesia mampu mengisi 96% dari kursi stadion yang ada.dalam hal ini,supporter indonesia hanya kalah dari inggris dan argentina,di dua negara tersebut  rata-rata kepadatan stadion mencapai 99&% dan 97%.sementara itu supporter italia yang dikenal  mempunyai supporter garis keras yang dikenal dengan ultras rata-rata kepadatan penontonnya hanya 93% saja dalam satu stadion.
Stadion internasional indonesia semakin akrab dengan klub-klub  besar dunia,mulai dari klub dari inggris,italia hingga amerika serikat.
Hal ini terlihat dari sejumlah pertandingan persahabatan  yang digelar dan diagendakan.
Salah satu daya tarik sepak bola indonesia bagi klub asing adalah antusiasme penonton ditribuana penonton.bahkan banyak klub dunia merasa bertanding dikandang sendiri saat main di indonesia.
Pujian untuk supporter indonesia pun berdatangan.seperti yang pernah di sampaikan IVAN CORDOBA,salah satu pemain senior INTER MILAN,menurut pemain asal kolombia ini fanatisme supporter indonesia ini sangat tinngi
“saya tidak pernah menggalami seperti ini di negara lain sepeerti supporter indonesia”
Kata cordoba saat  lawatanya ke indonesia bersama inter milan tahun lalu.
Pujian yang sama pernah meluncur dari mulut david beckham pada 2011 memperkuat la galaxy bertanding di indonesia.menurut  pria yang saat ini memperkuat PSG Prancis ini.suppoter indonesia tak kenal lelah mendukung klub mereka.
“fans indonesia sangat hebat.terus mendukung timnya sampai laga selesai,”kata beckham
Malah,saat timnas indonesia vs arab saudi di GBK,pelatih  tim arab saudi juan ramon lopez sebelum pertandingan menyatakan,atmosfer di stadion GBK yang pasti ramai penonton indonesia dikatakan bakal mempengaruhi permainan.
“indonesia tim yang sulit.kami harus bekerja keras untuk memenagkan pertandingan.atmosfer pertandingan akan menganggu  pemain”
Desai n dan layout tribuana penonton sangat mempengaruhi pada dukungan yang diberikan supporter sehingga tidak heran sejumlah klub dan negara memberikan perhatian besar agar supporter  mereka bisa mendukung tim mereka dengan maksimal tanpa harus merusak pertandingan.
Contoh klub internasional yang memberikan perhatian   suasana dukungan supporter adalah MANCHESTER UNITED(MU).peraih tropi Liga inggris terbanyak ini memikirkan bagaimana pendukungnya lebih berisik saat meberikan dukungan kepada tim setan merah saat bertanding.
MU menilai gemuruh penonton di stadiopn old trafford yang berkapasitas 75.765 penonton kurang dahsyat dibandingkan stadion lain seperti anfield yang hanya berkapasitas 45.276 penonton
Karena itu,menurut manchester evening  news,mu telah menyewa seorang ahli tata suara yang bertugas menganalisis dan diperbaiki,stadion mu  tersebut bahkan bisa gemuruh dan dukungannya bisa mengetar kan nyali lawan saat pertandingan

By:ravisa “CHEVA”elvino anugerah rizkita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar